Berita banjir dan longsor update november 2012

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga di wilayah barat Indonesia mewaspadai bencana banjir dan longsor.
BMKG memperkirakan curah hujan akan mencapai puncaknya pada Januari 2013.
Daerah dengan intensitas hujan yang tinggi ini terjadi di kawasan barat Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan sebagian Sulawesi.
Kepala Pusat Meteorologi Publik Mulyono Prabowo mengatakan peningkatan intensitas curah hujan ini perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan banjir dan longsor, terutama di sejumlah kawasan yang masuk dalam kategori rawan bencana.

Banjir dan longsor

"Kebetulan wilayah sebelah utara ini ada beberapa daerah yang tingkat permukaannya ada di bawah tingkat permukaan air lautnya," kata Mulyono Prabowo kepada BBC.
Peta daerah rawan bencana ini telah diberikan kepada pemerintah daerah guna mengantisipasi kemungkinan bencana.
Sejauh ini hingga November, meski musim hujan belum mencapai puncaknya, bencana banjir dan longsor sudah terjadi di beberapa wilayah.
Dalam rilis resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana disebutkan sejak Sabtu pekan kemarin banjir terjadi di Bengkulu, Sumatera Selatan, Pandeglang, Sukabumi, Jakarta, dan Bandung.
Dalam bencana terbaru di Mamasa, Sulawesi Barat, sedikitnya 15 orang tewas akibat banjir bandang.
Sementara longsor terjadi di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Empat orang hilang dan ribuan rumah terendam dalam bencana itu.