Demo dukung Palestina, massa minta produk Israel diboikot

Demo dukung Palestina, massa minta produk Israel diboikot

Reporter : Reza Rizaldi
Demo dukung Palestina, massa minta produk Israel diboikot
Kategori {Peristiwa}
Meski gencatan senjata antara Israel dan Hamas telah disepakati, demonstrasi terhadap aksi militer Israel ke Gaza tetap berlangsung di Medan. Massa dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengutuk aksi negeri zionis yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa di Palestina.

Demonstrasi itu di gelar di depan Gedung Uniplaza, tempat perwakilan Amerika Serikat (AS) berkantor, Jalan MT Haryono, Medan, Kamis (22/11).

"Warga PPP mengutuk keras atas kebiadaban Israel di tanah Palestina," kata Koordinator Lapangan Aksi, Tamrin Harahap, dalam orasinya.

Mereka meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan Liga Arab untuk menghentikan kebiadaban Israel yang terus menerus dilakukan kepada rakyat Palestina.

Tak hanya itu, mereka juga meminta pemerintah RI melakukan tindakan nyata untuk membela rakyat Palestina yang dijajah negara bintang Daud itu.

Massa yang berjumlah seratusan orang itu sempat memaksa masuk ke kompleks Uniplaza. Namun, petugas kepolisian yang bersiaga berhasil menghalanginya.

Mereka juga memblokir jalan dengan melakukan duduk di badan Jalan MT Haryono. Akibatnya, lalu lintas di kawasan itu menjadi macet.

Selain itu, massa juga melakukan pembakaran ban dan memanjat pagar Uniplaza. Mereka kemudian beroasi di atas pagar sambil mengibarkan bendera PPP.

Demo turut dihadiri Ketua DPW PPP Sumut, Fadly Nurzal, yang juga merupakan bakal calon wakil gubernur Sumut mendampingi Chairuman Harahap. Dalam orasinya, dia meminta agar semua produk yang berbau Israel ditolak.

Seusai Fadly berorasi, massa lantas membubarkan diri. Arus lalu lintas kemudian normal kembali.