Italia Pecat Dewan Kota karena Mafia

 

Seluruh anggota dewan kota Reggio Calabria di selatan Italia dipecat untuk mencegah kota itu dikendalikan oleh mafia. Langkah itu diambil setelah sejumlah anggota dewan dicurigai berhubungan dengan sindikat kejahatan 'Ndrangheta yang berkuasa.

Para pejabat mengatakan ini adalah pertama kalinya seluruh pemerintahan dari sebuah ibukota provinsi dibubarkan atas dugaan keterkaitan dengan mafia. Tiga orang komisioner akan menjalankan kota itu selama 18 bulan hingga pemilu berikutnya.

Walikota Demetrio Arena dan 30 orang anggota dewan kota dipecat untuk mencegah "wabah mafia" di pemerintahan lokal, kata Menteri Dalam Negeri Annamaria Cancellieri.

Sejumlah pemerintahan kota yang lebih kecil juga pernah mengalami hal serupa dengan alasan yang sama.
Mafia terkaya

Selama berbulan-bulan, ada kekhawatiran tentang pengaruh 'Ndrangheta atas dewan kota, kata wartawan BBC Alan Johnston di Roma. Investigasi telah dilakukan usai seorang anggota dewan ditangkap tahun lalu dengan tuduhan terlibat dengan gangster.
Para ahli mengatakan 'Ndrangheta telah merebut kekuasaan mafia Sisilia Cosa Nostra dan menjadi salah satu organisasi kejahatan terbesar. Kokain diduga menjadi salah satu sumber pendapatan utama, selain pemerasan dan pencucian uang. Komisi antimafia Italia menyebut kelompok itu sebagai mafia paling berbahaya di Italia dan juga terkaya.