Lance Armstrong Accused of Doping Perform Systematic/Lance Armstrong Dituduh Lakukan Doping Sistematis


JOEL SAGET / AFP Foto ini diambil pada 2003 saat Lance Armstrong tengah mengikuti balapan Tour de France.

WASHINGTON DC, — Badan Anti-Doping AS (USADA) menuduh juara tujuh kali Tour De France, Lance Armstrong, sejak awal melakukan operasi doping yang canggih untuk membantunya ke puncak prestasi balap sepeda.

USADA mengatakan, Armstrong menggunakan berbagai obat untuk "memompa" kemampuannya sebagai atlet. Tudingan ini berdasarkan sejumlah bukti, mulai dari bukti pembayaran, surat elektronik, data ilmiah, hasil tes laboratorium, hingga kesaksian 11 pebalap yang pernah menjadi rekan satu tim Armstrong.

USADA menambahkan Armstrong, salah satu atlet paling populer di dunia yang juga terkenal atas perjuangannya melawan kanker, berada di pusaran program doping paling canggih yang pernah diketahui di dunia olahraga.

Pebalap sepeda asal Texas berusia 41 tahun ini membantah tuduhan USADA itu. Armstrong menegaskan, selama kariernya sebagai pebalap sepeda, dia tak pernah gagal menjalani tes doping.

Lima mantan rekan satu tim Armstrong, yang memberikan keterangan dalam investigasi ini, mengakui mereka menggunakan doping selama karier balap sepedanya.

"Semua bukti menghapus keraguan kami bahwa Tim Balap Sepeda US Postal Service melakukan program doping paling canggih dan paling sukses yang pernah terjadi dalam dunia olahraga," kata Direktur Eksekutif USADA Travis Tygart.

USADA merilis ringkasan hasil temuan mereka terhadap Lance Armstrong , Rabu (10/10/2012), dan dalam waktu dekat organisasi ini akan mengumumkan secara lengkap hasil investigasinya.

Sementara itu, salah satu kuasa hukum Lance Armstrong, Sean Breen, membantah tuduhan USADA.

"Kami sudah membaca pernyataan pers USADA terkait masalah ini. Pernyataan itu adalah sebuah tuduhan tak terbukti, berdasarkan kecurigaan, kesaksian yang dipaksakan, kesepakatan-kesepakatan gelap, dan kisah-kisah yang mengancam," kata Breen.

Breen menambahkan, USADA mengabaikan 500-600 tes doping yang berhasil dilalui Armstrong.

"USADA mengabaikan bukti-bukti kuat dan hanya ingin membuktikan bahwa uang jutaan dollar AS yang mereka keluarkan hanya untuk mengejar seorang atlet tak sia-sia," tutur Breen mengecam.

"USADA melanjutkan upaya pemerintah yang memburu Armstrong, seorang pebalap sepeda yang sudah pensiun," kata Breen.

Lance Armstrong dicurigai menggunakan doping setelah mencatat rekor tujuh kali menjuarai Tour de France antara 1999 hingga 2005.

Agustus lalu, USADA menghukum Armstrong tak boleh berkecimpung di dunia olahraga seumur hidup. Keputusan itu diambil setelah Armstrong menyatakan tidak akan melawan keputusan apa pun yang dibuat organisasi itu.

Laporan USADA ini akan dikirim ke Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI), Badan Anti-Doping Dunia (WADA), dan Korporasi Triatlon Dunia (WTC).

UCI nantinya akan menguji semua informasi yang diperoleh sambil menunggu adanya permohonan banding selama 21 hari seperti diatur WADA.

Shere it