Pejuang Hamas Tembak Jatuh Apache Israel

Pejuang Hamas Tembak Jatuh Apache Israel

Hamas juga membombardir kapal perang Israel di perairan Gaza.

Helikopter Apache Israel berpatroli di perbatasan dekat Gaza
Helikopter Apache Israel berpatroli di perbatasan dekat Gaza (REUTERS/Amir Cohen)

Reza News - Salah satu brigade Hamas mengklaim berhasil menembak jatuh sebuah helikopter Apache Israel pada Minggu malam waktu setempat. Roket Hamas juga berhasil menghantam kapal perang Israel di perairan Gaza.

Diberitakan kantor berita Kuwait, KUNA, Minggu 18 November 2012, serangan itu dilakukan oleh Brigade Izz Eddin Al-Qassam, salah satu sayap militer Hamas. Menurut sumber Al-Qassam, Apache yang menjadi bagian dari satuan kapal perang Israel itu ditembak jatuh menggunakan rudal darat ke udara.

Stasiun radio Al-Aqsa milik Hamas mengatakan bahwa lima rudal tipe 107 yang ditembakkan brigade Qassam tepat mengenai kapal perang Israel di perairan Gaza. Menurut pernyataan Hamas, kapal perang ini ingin mencari pesawat tempur mereka yang ditembak jatuh dua hari lalu.

Brigade Qassam mengatakan bahwa serangan terhadap kapal perang Israel adalah bentuk penyergapan kejutan untuk membalas dendam atas kematian pemimpin Ahmed al-Jabari di Gaza, Rabu lalu.

Sementara itu, Operasi Pilar Pertahanan Israel gagal mencegah Hamas meluncurkan roket ke arah mereka. Menurut sebuah stasiun radio Israel yang mengutip sumber dari Angkatan Bersenjata Israel, beberapa roket Hamas mendarat di kota Ashdod, Beersheba, Ashkelon, dan Sderot.

Sebanyak 18 roket ditembakkan Hamas dengan jarak beberapa menit ke kota-kota itu, beberapa bahkan mencapai jarak 40 km dari Gaza. Hari Minggu kemarin, Hamas menembakkan 70 roket ke Israel. Rudal Fajr 5 buatan Iran yang dimiliki Hamas juga berhasil meledak di Tel Aviv.

Namun, kebanyakan serangan para pejuang Hamas ini berhasil dilumpuhkan oleh sistem pertahanan canggih Israel, Iron Dome. Menurut pejabat militer Israel, Iron Dome yang memiliki tingkat kesuksesan menangkal roket hingga 80-90 persen berhasil mencegah lebih dari 300 serangan Hamas masuk wilayah mereka.

Serangan Israel semakin menjadi. Minggu kemarin, rudal Israel telah menewaskan 26 orang. Sejak Rabu pekan lalu, roket Israel menewaskan 72 orang, 14 di antaranya wanita dan anak-anak.